Untuk apa perlunya usaha atau bisnis anda dianalisa SWOT ? Apakah UKM juga membutuhkan analisa SWOT ?
Berbicara tentang SWOT sangatlah penting karena perusahaan yang serupa dengan usaha anda diluar sana intu banyak sekali, mereka juga melakukan hal yang sama tentang kekuatan dan kelemahan bisnis mereka.
Baca juga : Sukses menjual di Instagram
Untuk kekuatan perusahaan mereka akan akan ambil sikap menumbuhkan dan memajukan usaha dengan kekuatan tersebut.
Untuk Kelemahan perushaan mereka akan mengambil keputusan untuk menutupi kelemahan kelemahan yang terjadi ditubuh atau di produk mereka.
Apa itu SWOT ?
SWOT adalah sebuah analisa tentang Kekuatan dan Kelemahan manajamen perusahan sekarang atau akan datang
Pentingnya mengalisa SWOT
Sangatlah penting sebuah perusahaan dialisa tentang keberadanya di pasaran, karena kompetitor juga selalu berinovasi tentan gproduk mereka sesuai zaman, tidak mungkin mereka tidak akan menyesuaikan produk dengan kondisi zaman kalu tidak dilakukan mereka akan tertingal digilas pesaing.
Dikutip dari blognya John Parkes :
Pertanyaan yang mungkin anda harus jawab tentang keberadaan Analisa SWOT Perusahaan anda.
Pertanyaannya seperti ini :
Pertanyaanya “KEKUATAN”
Apa yang membuat perusahaan Anda unik?
Apa yang telah dilakukan perusahaan Anda dengan baik?
Di bidang mana Anda paling berhasil?
Sumber daya apa yang Anda miliki yang bisa memberi
Anda lebih diuntungkan dari yang lain?
Pertanyaanya “KELEMAHAN”
Area apa yang paling membutuhkan perbaikan?
Hal negatif apa tentang bisnis Anda yang memengaruhi Anda
mendengar dari pelanggan? ...
Mengapa calon pelanggan gagal melakukan konversi?
Apa saja masalah umum yang selalu Anda alami
sepertinya mengalami? ...
Di mana Anda merasa dibatasi?
Apa yang bisa dilakukan bisnis Anda untuk lebih baik?
Baca juga : Peluang usaha
Pertanyaanya “PELUANG”
Di mana Anda dapat menemukan pelanggan lain yang menjanjikan?
Tren luar mana yang akan berdampak positif bagi Anda?
Peristiwa mendatang mana yang terbukti dapat membantu dalam berkembang
urusanmu?
Akankah pasar Anda mengalami pertumbuhan di masa depan?
Pertanyaanya “ANCAMAN”
Pesaing apa yang mungkin Anda hadapi dalam waktu dekat?
Tren mana yang akan berdampak negatif bagi Anda?
Apakah pasar Anda sedang dalam tren menurun?
Apakah ada perkembangan terkini yang mungkin
menciptakan tantangan untuk Anda?