Perlukah usaha kecil berpromosi? Ya apapun usaha yang anda dan sekcil apapun usaha yang dijalankan memerlukan promosi, hanya saja bentuk dan cara seperti apa! akan kita ulas dibawah ini.
Pembahasan ini akan kita bagi dalam 2 kategori usaha:
Usaha kecil skala rumahan dan usaha kecil skala nasional cukup 2 ini saja dulu pembagian kategori ini karena akan banyak lagi pembagian yang lain nantinya mengapa demikian? karena kita mempersempit dan rankumannya saja yang bahas di tulisan ini.
Usaha kecil skala rumahan :
Usaha kecil rumahan biasanya menghasilkan produk dalam jumlah sedikit karena kemampuan produksi dan keterbatasan peralatan produksi dan hanya mengandalkan tenaga fisik manusia.
Tentu saja untuk menghasilkan produksi yang banyak produk yang dibuat harus banyak juga terjual jika tidak produk akan menumpuk dan biaya modal produksi akan parkir dan perutaran modal tidak jalan.
Untuk itulah dibutuhkan yang namanya promosi dan jenis produksi usaha kecil rumahan biasanya dari mulut ke mulut saja dan sedikit distribusi.
Jadi dalam arti kata promosi sudah anda berlansung anda lakukan tanpa anda sadari secara lansung, sekarang ini jika hal tersebut sudah anda jalankan apasalahnya anda tata cara berpromosi yang benar menurut ilmunya marketing. Tentulah dengan promosi yang tertata dan terarah hasil produksi anda bisa ditingkatkan karena produk anda sudah banyak permintaan dan penjualan.
Solusi sederhana yang bisa anda lakukan adalah :
- Membuat brosur dan katalog produk
- Membuat spanduk tentang produk anda
- Mendistribusikan produk ke outlet yang sekiranya sesuai dengan produk anda.
Usaha kecil skala nasional.
Usaha kecil skala nasional terdengar agak aneh juga kedengarannya, tidak ada yang mustahil di era mileneal sekarang, hal seperti ini sudah banyak terjadi pada produk usaha kecil yang booming omzet karena telah melakukan promosi secara benar dan tepat sasaran.
Jenis usaha kecil bisa berskala nasional biasanya terjadi karena ada ledakan atau booming dari manfaat produk tersebut.
Untuk sebuah produk seperti ini biasanya didominasi produk trend pada saat itu jadi produk anda yang baru memulai kecipratan permintaan dan saat itulah anda fokus dengan produksi dengan permintaan pasar.
Menyerempat pasar dengan cara berpromosi dengan mengunakan media online dan media sosial tentu anda manfaatkan semaksimal mungkin karena permintaan sudah berskala nasional
Kesimpulan :
Promosi itu sangat penting sekali dalam dunia usaha hanya anda harus cermat dalam menelaah biaya promosi yang digunakan kalau anda kebablasan malah akan membuat merugi, jika anda belum ahli di bidang ini dan memperkecil biaya modal tidak kebablasan pelajarilah dulu jurusan promosi yang akan anda tempuh dan skala penyebaran promosi anda tadi.
Promosi murah meriah online anda bisa mengunakan media sosial yang anda punya dulu baru anda tingkatkan ke media sosial iklan berbayar.
Semoga cuitan promosi ini bisa bermanfaat dan membuka wawasan usaha kecil anda menuju skala nasional, salam ukmsaja.blogspot.