Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Kelemahan Pengiriman Produk di Pasar Online

Bisnis online memiliki lebih dari satu kelemahan seperti masalah pengiriman dan produk yang tidak sesuai. Pahami masalah apa saja yang harus Anda waspadai dengan bisnis online dan bagaimana memitigasi risikonya melalui pembahasan di bawah ini! Kekurangan Bisnis Online yang Dapat Anda Harapkan Bisnis online memiliki banyak kelebihan dalam meningkatkan penjualan, namun ada juga kekurangan yang sering dikeluhkan baik oleh pelanggan maupun pelaku bisnis.






kelemahan pengiriman produk pasar online


Ada banyak jebakan pengusaha online atau bisnis online yang menawarkan produk dan mengirimkan pesanan pelanggan. Ada banyak hal yang harus dipahami dan dijelajahi terutama bagi pengusaha online atau pedagang online dan juga penting untuk memahami bagaimana memecahkan masalah secara efisien dan cerdas.


Berikut adalah beberapa masalah bisnis online yang harus dicegah karena dapat mempengaruhi penjualan dan branding.


Pada artikel ini, kami akan mencoba membahas beberapa masalah yang sering dihadapi dan dialami oleh para pedagang online. Bagi para pedagang online yang sudah menjalankan atau memulai bisnis online, ada baiknya melihat kendala yang sering terjadi di lapangan.


Kelemahan Pengiriman Produk Pasar Online


Berikut adalah beberapa masalah umum dan solusi umum


1. Adanya kebocoran keamanan dan privasi


Ada risiko kebocoran data dari situs web dan situs web e-commerce.Ini diterapkan oleh bot atau peretas untuk meretas data pengguna dan menggunakannya untuk tujuan jahat. Situasi peretasan dan risiko ini sebenarnya mengancam hampir semua pengguna internet di berbagai platform seperti Facebook, Instagram, LinkedIn dll. Bagi pengusaha online, Anda akan selamanya menempatkan produk tanpa memberikan jaminan keamanan privasi dengan keamanan platform.

2. Pesanan tidak tepat


kelemahan bisnis online adalah pelanggan tidak dapat melihat dan mengecek barang secara langsung. Meskipun hanya gambar dan video yang dapat dilihat, beberapa orang memposting di situs sosial tentang pengalaman belanja online mereka yang tidak menyenangkan. Produk yang diterima tidak sesuai dengan harapan seperti yang tertera pada foto/video/deskripsi di katalog produk. Tips untuk penjaja online: Posting gambar/video produk asli. Sertakan deskripsi yang jelas dan benar. Kecurangan seperti ini akan mengakibatkan tidak ada penjualan toko online. Tips untuk Pembeli: Lakukan riset sebelum membeli.

3. Kesalahan bisnis online termasuk paket rusak di jalan


Yang sering disebabkan oleh pelanggan yang menerima barang rusak dari perjalanan berlibur. Apakah ini kesalahan misi karena tidak berhati-hati? Tidak dibutuhkan. Bisnis online harus memastikan bahwa paket dikemas dengan baik. Gunakan gabus, kemasan kayu atau bungkus gelembung untuk barang-barang rapuh atau mudah rusak. Menginformasikan pelanggan jika ada biaya tambahan untuk meningkatkan kemasan sehingga kiriman tidak rusak/pecah dalam perjalanan.

4. Tidak memiliki kebijakan pengembalian yang fleksibel


Buat kebijakan pengembalian untuk mengurangi risiko pesanan yang tidak sesuai atau barang rusak dalam perjalanan. Pendekatan ini membangun kepercayaan dan memelihara interaksi pelanggan yang baik. Pelanggan memahami bahwa Penjual bertanggung jawab atas pengembalian barang, produk, dan biaya. Jika produk dan fasilitas penjual baik, mereka jarang mengembalikan produk yang dikembalikan.

5. Masalah mendesak/pengiriman


Pelanggan sering mengeluh tentang lamanya proses pengiriman. Paket tidak sampai. Belum lagi resiko barang hilang, barang tidak sampai atau salah alamat pengiriman. Ini menurunkan tingkat kepercayaan pelanggan, memengaruhi peringkat produk dan toko, yang tidak baik, dan memengaruhi laporan keluhan dan bintang.

6. Ongkos kirim ditanggung pembeli.


Biaya pengiriman dihitung berdasarkan volume, berat dan jarak pengiriman sesuai dengan peraturan. Sayangnya, sepertinya banyak pelanggan yang membatalkan pembeliannya karena harus membayar ongkos kirim yang lebih besar dari harga barang yang dibelinya. Mereka berharap memiliki penawaran pengiriman gratis dan sejenisnya untuk menekan biaya.

7. Proses checkout terlalu rumit


Proses checkout yang rumit dapat menyebabkan pelanggan membatalkan pembelian. Seseorang suka menghabiskan banyak waktu mempelajari platform belanja online, membandingkan harga, menemukan solusi yang paling cocok, dan melalui proses checkout yang rumit hanya jika dia ingin membeli barang bernilai tinggi. Jika mereka hanya ingin membeli peralatan kecil dan murah, mereka memesan pembelian online yang mudah. Mereka pindah ke platform yang lebih praktis dan lebih cepat dalam prosesnya.

8. Pembayaran Tidak fleksibel


Konsumen ragu untuk berbelanja jika situs web tidak memiliki proses pembayaran yang diinginkan - bank, uang digital, atau opsi pembayaran lainnya.


Untungnya, sebagai penyedia solusi e-commerce yang komprehensif, Toko online menawarkan berbagai gateway pembayaran yang lengkap. Pelanggan Anda dapat membayar melalui EPAY dari berbagai saluran seperti e-payment, minimarket kartu debit/kredit dan virtual account dari berbagai bank.


9. Jangan memikirkan rencana bisnis


Rencana bisnis adalah saran yang membantu perencanaan, pemecahan masalah, mencari solusi, strategi, dan semua detail yang terkait dengan kesuksesan bisnis.


Banyak calon pengusaha online tidak memahami pentingnya membuat konsep bisnis. Ini adalah semacam peta jalan yang harus diikuti untuk mencapai tujuan bisnis.


10. Bekerja 24 Jam


Menjadi pengusaha memungkinkan Anda untuk bekerja kapan saja dan di mana saja. Artinya, Anda harus bekerja 24 jam sehari. Selain itu, toko online tidak tersedia dengan penutup. Anda harus menanggapi jawaban pelanggan, mengelola toko online, dan mempelajari semuanya dengan cermat. Anda harus sangat berkomitmen dan bekerja keras


11. Bekerja sama tergantung pada koneksi internet


Jika gadget tidak kompatibel atau rusak, koneksi internet tidak tersedia karena alasan apa pun, Anda tidak dapat bekerja.


Pemadaman internet akan selamanya menghambat produktivitas kerja Anda. Cara mengatasinya adalah dengan berinvestasi pada saluran WiFi yang lebih stabil dan kuat.


12. Kurangnya komitmen


Banyak orang yang ingin memulai bisnis online percaya bahwa bisnis online itu mudah, mereka bisa beruntung dan siapa saja bisa melakukannya. Tentunya bisnis online harus selalu dilakukan dengan penuh komitmen, dedikasi dan kerja keras jika ingin sukses.


13. Persaingan Sengit


Bisnis online termasuk dalam strategi samudra merah. Karena pengakuannya yang mudah, banyak orang mencoba peluang bisnis online. Ada banyak penjual yang menjual barang yang sama dengan toko Anda. Begitulah tantangan dan risiko bisnis. Anda perlu mempelajari dan memperoleh trik perdagangan untuk mengalahkan pesaing. Silakan mendaftar ke Toko online Business Academy untuk studi bisnis dan manajemen online ahli. Membantu Anda mendapatkan tips dan trik berjualan online


14. Hanya mengandalkan marketplace yang ada


Bekerja secara online melalui marketplace atau fasilitas sosial sudah cukup. Padahal, website toko online sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan, pengalaman pengguna, branding dan profesionalisme bisnis online. Memiliki domain sendiri dengan fitur bisnis online yang lengkap, tampilan website yang user friendly dan terintegrasi dengan fasilitas sosial.


Tingkatkan pemasaran Anda dengan pemasaran mesin pencari dan strategi pemasaran mesin pencari, termasuk situs toko online - hanya dibatasi oleh pasar yang ada