Cara Mendapatkan Peluang Pembeli Exspor Yang Potensial

Sayangnya, mencari pembeli atau importir tidak semudah membalik telapak tangan. Ada banyak hal yang perlu Anda lakukan untuk menemukan pembeli yang tepat untuk produk yang Anda hasilkan. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan pemasaran digital.

Cara Mendapatkan Peluang Pembeli Exspor Yang Potensial
Foto Sumber : pexels

Selain menghasilkan produk yang unik, tantangan lain bagi ekspor UKM Indonesia adalah mencari pembeli. Pembeli berada di garis depan bisnis ekspor yang sukses. Karena tanpa pembeli tertentu, semua produk yang diproduksi akan sia-sia. Bagaimana Cara Mendapatkan Pembeli  Ekspor Yang Potensial Dan Berkualitas.

Cara Menemukan Peluang Pembeli Secara Online


Selain mudah dan cepat, pemasaran digital adalah cara Anda dapat menemukan pembeli untuk usaha kecil dan menengah ekspor Anda di Indonesia. Ada beberapa langkah pemasaran digital yang tepat untuk menemukan pembeli yang tepat.

Buka toko online

Bergabung dengan marketplace yang menawarkan booth bagi para pelaku bisnis B2B. Di kios ini, pengusaha B2B dapat membuka toko online yang memudahkan pembeli menemukan dua sumber yang sesuai dengan kebutuhannya.

B2B adalah singkatan dari Business to Business. Dimana produsen tidak menjual produknya langsung ke konsumen akhir. Namun bagi pengusaha lain yang membutuhkan pemasok untuk menjalankan usahanya.

Ada banyak dunia e-commerce B2B untuk dipilih. Seperti Amazon.com, eBay.com dan Alibaba.com. Anda bisa menggunakan salah satu atau ketiganya. Sesuaikan dengan produk Anda.

Buat Website Disply Produk

Selain membuka kios e-commerce B2B, Anda juga perlu membuat website berbahasa Inggris. Mengapa harus menggunakan bahasa Inggris? Untuk beradaptasi dengan target pasar dari luar negeri.

Situs web bukan satu-satunya sarana untuk memperoleh informasi profil perusahaan. Tetapi juga sebagai etalase online yang memudahkan pembeli untuk menampilkan berbagai produk di toko online Anda. Dengan menggunakan situs web, pembeli di luar negeri dapat dengan mudah menemukan toko Anda saat mencari produk ekspor premium.


Tour De Bloog

Mengunjungi blog orang lain untuk tujuan tertentu disebut Blog Walk. Tujuannya tentu saja untuk mendapatkan pembeli paling potensial untuk produk yang ingin Anda ekspor.

Katakanlah Anda menjual makanan beku Indonesia. siomay, rendang beku, pempek beku dan sebagainya. Coba kunjungi beberapa blog toko makanan online.

Tinggalkan umpan balik positif ketika Anda meninggalkan tautan ke toko online Anda. Siapa tahu pemilik toko tertarik untuk bekerja sama dengan Anda.


Konten yang ramah SEO


Optimasimaikan mesin pencari anda dengan cara meningkatkan situs web yang dapat dengan mudah ditemukan pengunjung. Dengan menempatkan situs di halaman pertama mesin pencari. Karena sebagian besar audiens akan membuka website yang ada di halaman pertama mesin pencari.

Semakin mudah ditemukan, semakin banyak penjualan yang dapat Anda lakukan. Bahkan dengan SEO, Anda dapat menonjol dari persaingan. Pengunjung lebih cenderung membuka website Anda dibandingkan dengan situs pesaing yang tidak berada di halaman pertama.

Caranya adalah dengan mencari kata kunci yang sesuai dengan topik bisnis dan website Anda. Gunakan alat penelitian kata kunci gratis dan berbayar untuk menemukan kata kunci yang tepat. Kata kunci dengan volume pencarian tinggi dan sedikit persaingan.

Setelah Anda menemukan kata kunci yang tepat, Anda dapat menggunakannya untuk membuat artikel. Tulis artikel yang tidak hanya bermanfaat dan mudah dibaca. Tapi juga ikuti aturan SEO. Semakin sering konten diperbarui, semakin cepat peringkat situs web Anda di halaman pertama mesin pencari.


Berkumpul dengan Komunitas Komunitas Bisnis Online

Cara lain untuk mencari pembeli bagi UKM pengekspor di Indonesia adalah dengan bergabung dalam komunitas bisnis online lainnya. Seperti kontak bisnis ekspor Indonesia. Baik itu di grup Facebook, WhatsApp, atau komunitas online lainnya.

Selain mempelajari cara mengekspor bisnis, Anda juga dapat meninggalkan tautan ke toko online. Dengan menggunakan tautan ini, mereka akan dengan mudah menemukan toko online Anda jika mereka membutuhkannya. Jadilah anggota grup yang aktif. Posting beberapa informasi sering. Tidak hanya memposting penjualan. Tetapi juga informasi lain untuk meningkatkan prospek dan keterlibatan anggota dalam posting Anda.

Beriklan dengan Facebook Ads dan Google Ads

Hampir setiap orang menggunakan internet untuk mempermudah berbagai aktivitas. Karena hampir semua lini kehidupan terhubung ke Internet. Internet juga membantu menemukan pembeli untuk bisnis ekspor Anda dengan mudah.

Cara menggunakannya dengan Iklan Facebook dan Iklan Google. Kedua platform ini membantu dalam mempromosikan toko online Anda. Menemukan pembeli lebih mudah dan lebih murah daripada menggunakan iklan tradisional. Seperti memasang spanduk, baliho, baliho atau bahkan di TV.

Cara Mendapatkan Peluang Pembeli Ekspor dengan Offline

Dengan Online sudah kita ulas sekarang ini kita masuk dengan cara mendapatkan peluang pembeli seca offline atau secara manual.

Ikut dan Berpartisipasi Dalam Ajang Ekspor Impor Pameran luar dan Dalam negeri


Ikuti Pameran Dagang Dalam dan Luar Negeri bersama Pemerintah sering menyelenggarakan pameran dagang di dalam dan luar negeri melalui instansi terkait. Pameran ini bertujuan agar para pengusaha dapat mempromosikan produk yang mereka hasilkan. Biasanya dikelola oleh kantor komersial atau pemerintah kota setempat.

Ini adalah peluang bagi Anda untuk mempresentasikan produk Anda dan mencari pembeli. Biasanya banyak importir atau pembeli yang mencari produk terbaik untuk dijadikan barang ekspor. Jadi, rajin-rajinlah mengupdate informasi terkait jadwal acara.

Manfaatkan Kunjungan Wisata Mancanegara Anda 

Apakah Anda ingin bepergian ke luar negeri? Coba manfaatkan Peluang atau momen ini untuk mencari pembeli. Ini bukan sekedar piknik. Pergi ke negara yang paling mungkin tertarik dengan produk Anda. Dengan cara ini, waktu liburan lebih bermanfaat dan banyak peluang yang akan anda dapatkan

Perjalanan bisnis ini sering diselenggarakan oleh eksportir profesional. Pertimbangkan beberapa negara yang akan menjadi pasar baru untuk produk mereka.

Setelah sampai di sana, dia melihat pasar, mengunjungi beberapa supermarket dan mempelajari peraturannya. Apakah mungkin memasarkan produk di sana?


Semua Orang yang Berhubungan dengan Ekspor Anda Temani

Dengan banyak eksportir Cobalah berteman dengan banyak perusahaan ekspor kecil dan menengah di Indonesia. Belajar dari mereka bagaimana menemukan Peluang pembeli yang potensial. Mereka lebih  memiliki banyak pengalaman dalam jenis bisnis ekspor ini.

Ini bukan hanya tentang belajar mencari peluang pembeli. Tapi bagaimana mempersiapkan perijinan, pengemasan sesuai standar, dll. Mereka biasanya mengadakan pertemuan rutin untuk berbagi pengalaman dan mendiskusikan banyak hal.


Mempelajari Bahasa Asing guna menghindari terjadinya Penipuan

Adalah salah satu kunci untuk menembus pasar ekspor. Setidaknya kamu bisa berbahasa Inggris. atau bahasa negara tujuan ekspor yang anda rencanakan.

Keterampilan berbahasa amat sangat diperlukan untuk bernegosiasi dengan pembeli atau eksportir di negara tujuan ekspor. Memahami mengerti tentang berbagai istilah terkait, membaca dokumen, dll. Jadi jangan berhenti belajar beberapa bahasa asing. Karena itu adalah modal skill yang tidak boleh diabaikan.

Jadi beberapa kategori dari cara mencari peluangdari pasang ekspor bisa dengan udah anda dapatkan setingan rencana ekspor anda akan lebih rinci dan terencana dengan baik dan matang.

Jadi mendapatkan peluang ekspor produk umkm anda bisa anda kelola dengan tujuan pasar yang ditargetkan.

Memang tidak mudah, tapi bukan tidak mungkin. Teruslah berusaha karena pencarian tidak akan menemukan pembeli potensial.