Apakah Anda mencari cara untuk menarik perhatian pelanggan

 Apakah Anda mencari cara untuk menarik perhatian pelanggan Anda dengan cara unik yang tidak dapat dilakukan orang lain? Lihat taktik pemasaran yang berfokus pada pelanggan ini untuk menunjukkan kepada pelanggan betapa pentingnya mereka bagi Anda.

Apakah Anda mencari cara untuk menarik perhatian pelanggan

Anda mungkin pernah mendengar pepatah “Pelanggan selalu benar”. Ini tidak berarti bahwa Anda harus selalu mendengarkan pelanggan Anda, namun ini berarti Anda harus mempertimbangkan minat dan preferensi mereka saat membuat keputusan pemasaran. Alasan utamanya adalah pelanggan adalah inti dari merek Anda. Setiap pilihan yang Anda buat dan setiap tindakan yang Anda ambil adalah tentang membuat pelanggan Anda senang dan membuat mereka tetap setia pada merek Anda.

Pemasaran yang berpusat pada pelanggan adalah nama yang diberikan untuk jenis pemasaran ini. Tujuan dari strategi pemasaran ini adalah untuk fokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda dan menjadikannya sebagai landasan strategi pemasaran Anda. Pemasaran yang berpusat pada pelanggan sangat penting karena menunjukkan bahwa Anda benar-benar peduli terhadap pelanggan Anda dan apa yang mereka butuhkan. 

Berikut adalah beberapa alasan mengapa hal ini sangat penting: Hal ini, pada gilirannya, akan menghasilkan tingkat kepuasan pelanggan yang lebih tinggi karena pelanggan merasa dihargai dan diikutsertakan. Pelanggan yang senang akan cenderung mengikuti merek Anda, membeli dari Anda lagi dan lagi, dan membagikan merek Anda kepada orang lain, sehingga mengarah pada pertumbuhan organik.

Efektivitas pemasaran dari mulut ke mulut sudah diketahui. Semakin puas pelanggan, semakin besar kemungkinan mereka memberi tahu teman dan keluarganya tentang pengalaman mereka, dan semakin besar kemungkinan mereka memposting ulasan secara online dan di media sosial. Jenis pemasaran organik ini meningkatkan kesadaran merek dan kepercayaan merek Anda, sehingga lebih menarik bagi calon pelanggan.

Personalisasi dan pesan yang ditargetkan memiliki pengaruh langsung pada tingkat konversi. Ketika pelanggan menerima konten dan penawaran yang sesuai dengan minat mereka, hal ini meningkatkan peluang keterlibatan dan konversi mereka. Pengalaman pemasaran yang dipersonalisasi meningkatkan kinerja kampanye dan laba atas investasi.

Untungnya, pemasaran yang berfokus pada pelanggan tidak sulit dilakukan. Berikut adalah beberapa teknik pemasaran yang berfokus pada pelanggan yang dapat Anda terapkan untuk membuat pelanggan Anda merasa dihargai, dan dipuja oleh perusahaan Anda.

1) Bergabunglah dengan program loyalitas

Kita semua ingin dihargai atas apa yang kita lakukan. Pelanggan kami merasakan hal yang sama. Tidak ada kepuasan yang lebih besar bagi pelanggan selain diakui dan dihargai atas layanan yang mereka berikan. Program loyalitas adalah cara terbaik untuk memberi penghargaan dan penghargaan kepada pelanggan atas kesetiaan dan loyalitas mereka terhadap bisnis Anda. Mereka adalah bagian penting dari pemasaran yang berfokus pada pelanggan. Ketika mereka diberi imbalan karena melakukan pembelian, merujuk pelanggan, atau berinteraksi dengan merek Anda di media sosial, kemungkinan besar mereka akan terlibat dengan merek dan produk Anda.

Misalnya, Starbucks meluncurkan program loyalitas yang memberi penghargaan kepada pelanggan berupa produk gratis dan diskon ulang tahun. Selain itu, program ini unik karena memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan dan melakukan pembayaran sebelum mereka tiba di restoran. Program loyalitas ini menyumbang 40% dari penjualan Starbucks pada tahun 2019.

Pelanggan sering kali menjadi aset pemasaran kami yang paling efektif dalam memanfaatkan konten buatan pengguna. Mengapa? Karena pelanggan memberikan umpan balik yang nyata dan murni melalui konten buatan pengguna. Konten buatan pengguna (UGC) adalah platform gratis bagi bisnis untuk mendapatkan ulasan pelanggan asli. 

2) Gunakan Konten

Menggunakan Konten Buatan Pengguna (UGC) adalah cara terbaik bagi bisnis untuk membuat pelanggan mereka menulis ulasan, masukan, dan testimonial. Ini adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan merek Anda dan menunjukkan bahwa Anda peduli dengan apa yang dikatakan pelanggan tentang Anda. UGC juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menciptakan bukti sosial karena ini tentang membangun kepercayaan dan kredibilitas dengan calon pembeli yang melihat orang-orang nyata mendukung merek Anda di internet.

Keunggulan konten buatan pengguna adalah hanya dibutuhkan sedikit usaha untuk memulainya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat pelanggan Anda menulis konten yang dapat Anda bagikan di media sosial Anda. Anda dapat meluncurkan kampanye hashtag, meminta pelanggan untuk menunjukkan penggunaan produk Anda, atau meminta mereka untuk memberikan umpan balik tentang merek Anda. 

Tawarkan mereka hadiah untuk membuat mereka terlibat, dan posting UGC Anda ke media sosial! Jika Anda ingin mempersonalisasi konten dengan citra merek Anda, 

Anda dapat menggunakan PosterMyWall untuk membuat templat merek standar dan menambahkan UGC Anda. Kampanye 'Share A Coke' Coca Cola adalah contoh bagus tentang cara menggunakan UGC untuk membuat pelanggan menulis konten untuk merek Anda. Kampanye tersebut meminta orang-orang untuk berbagi "momen Coca-Cola" dengan seseorang, yang menghasilkan banyak sekali foto, video, dan konten terkait Coca Cola lainnya.

3) Personalisasi

Semua orang menyukai pengalaman yang dipersonalisasi. Siapa yang tidak ingin dilayani berdasarkan apa yang disukai dan tidak disukainya? Itulah inti dari Personalisasi. Ini adalah cara pemasaran yang mengutamakan pelanggan dan menjadikan pengalaman berbelanja mereka seunik mungkin. 

Personalisasi dapat dicapai dengan berbagai cara. Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan AI dan teknologi untuk mengetahui apa yang dibutuhkan pelanggan dan menyesuaikan pengalaman online mereka. Hal ini juga dapat dilakukan dengan memberikan personal shopper kepada pelanggan tetap untuk mempermudah pengalaman berbelanja mereka. 

Anda juga dapat membuat segmen pelanggan dan menampilkan iklan serta penawaran berdasarkan respons setiap segmen. Misalnya, Nordstrom adalah contoh bagus tentang bagaimana pemasaran yang dipersonalisasi dapat dicapai. Mereka membangun platform bertenaga AI yang menggunakan percakapan bahasa alami untuk memprediksi preferensi pelanggan dan menawarkan produk yang dipersonalisasi berdasarkan data yang mereka kumpulkan. Bagaimana cara kerjanya?

Pelanggan akan melihat bahwa merek tersebut benar-benar peduli terhadap mereka dan ingin memenuhi kebutuhan unik mereka, sehingga meningkatkan loyalitas.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk strategi personalisasi jika Anda baru memulai.

Bagaimana cara memulainya?

  1. Mulailah dengan kampanye email yang dipersonalisasi.
  2. Gunakan Google Ads dan AB untuk menguji berbagai penawaran diskon.

Pelanggan Anda adalah bagian penting dari merek Anda, jadi penting bagi Anda untuk mempertimbangkan mereka dalam setiap bagian rencana pemasaran Anda. Kenali apa yang mereka suka dan tidak suka, apa tanggapan mereka, dan pastikan Anda memberi mereka pengalaman pemasaran yang lancar dan berfokus pada pelanggan.