Setelah Anda memiliki perusahaan dan produk, langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana menjaga loyalitas pelanggan dengan menggunakan produk dari bisnis Anda.
Apa itu retensi pelanggan?
Retensi pelanggan adalah cara untuk membuat pelanggan bertahan menggunakan produk, layanan, atau jasa dari bisnis yang Anda kembangkan.
Secara umum tujuan dari customer retention adalah untuk membantu perusahaan mempertahankan konsumen, agar tetap loyal terhadap merek.
Cara mempertahankan pelanggan mudah dan sulit karena Anda tidak hanya akan mempertahankan satu pelanggan, tetapi banyak agar tidak tergiur oleh pesaing lainnya.
Oleh karena itu, Anda harus menentukan strategi kepuasan pelanggan agar dapat mempertahankan pelanggan yang telah berurusan dengan perusahaan Anda atau akan melakukan transaksi. Ini juga sering disebut sebagai retensi pelanggan. Apa itu retensi pelanggan dan bagaimana Anda melakukannya? Simak penjelasannya di bawah ini!
Apakah mempertahankan pelanggan lebih mudah daripada menemukan yang baru? Ya, mempertahankan pelanggan lama bisa lebih mudah.
Contoh hubungan dengan klien berpengalaman adalah mereka yang telah menggunakan produk, layanan, atau layanan perusahaan, yang berarti mereka telah memiliki pengalaman. Kemudian mereka dapat memutuskan untuk membeli lagi.
Jika produk dan layanan yang Anda berikan memuaskan, maka akan dibeli kembali, dan dari sini Anda sudah dapat mengetahui kenyamanan pelanggan di bisnis Anda dan meningkatkan layanan untuk mempertahankan pelanggan lama agar tidak beralih ke perusahaan lain.
Bagaimana Anda mempertahankan klien anda?
Lalu bagaimana cara Anda mempertahankan pelanggan atau bagaimana cara Anda menghadapi pelanggan dengan baik agar mereka tetap membeli produk bisnis Anda berulang kali? Dikutip dari Commonbox, berikut 8 cara efektif mempertahankan pelanggan.
Setelah Anda memiliki perusahaan dan produk, langkah selanjutnya adalah memikirkan bagaimana menjaga loyalitas pelanggan dengan menggunakan produk dari bisnis Anda. |
1. Penciptaan Komunitas Penciptaan komunitas
dan pelaksanaan aktif adalah cara mempertahankan pelanggan, karena dengan komunitas pelanggan akan merasa lebih dekat dengan bisnis. Selain itu, diskon khusus juga dapat diberikan kepada pelanggan yang tergabung dalam komunitas tersebut.
2. Memberikan pelayanan yang prima
Cara untuk menarik pelanggan adalah dengan memberikan pelanggan yang prima, karena ketika mereka ingin mendapatkan produk atau jasa dari suatu perusahaan, pelanggan biasanya melihatnya dari jalur pelayanan ke bisnis. Sering kali jika layanannya buruk, mereka akan beralih ke produk atau perusahaan lain.
Untuk memberikan pelayanan yang baik, Anda dapat membuat pelanggan selalu mendapat perhatian melalui layanan email, telepon atau pesan langsung, dan mencari tahu apa yang paling dibutuhkan pelanggan sehingga mereka juga dapat terbantu.
3. Memberikan diskon atau hadiah
Tips menarik pelanggan baru adalah dengan memberikan diskon pada pembelian pertama, akan membuat pelanggan baru merasa istimewa. Cara ini juga bisa dilakukan untuk menarik perhatian pelanggan yang sudah ada, misalnya dengan menawarkan diskon khusus untuk pembelian kedua atau ketiga.
Dengan menawarkan diskon atau hadiah ini, pelanggan akan merasa dihargai, dan tidak lupa untuk menawarkan diskon pada produk yang mereka beli lebih sering, disertai dengan SMS yang manis dan menarik.
Baca juga : Pemerintah terus mendorong usaha mikro
4. Analisa pendapat pelangan
Survei Pelanggan Kirimkan survei online cepat kepada pelanggan Anda untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang apa yang membuat mereka tetap menggunakan produk bisnis Anda dan apa yang perlu ditingkatkan. Survei juga membantu dalam mengidentifikasi pola pelanggan.
5. Penciptaan Komunitas Penciptaan komunitas
dan pelaksanaan aktif adalah cara mempertahankan pelanggan, karena dengan komunitas pelanggan akan merasa lebih dekat dengan bisnis. Selain itu, diskon khusus juga dapat diberikan kepada pelanggan yang tergabung dalam komunitas tersebut.
6. Lebih personal kepada pelanggan
Cara terakhir untuk mempertahankan pelanggan adalah dengan menjangkau pelanggan secara lebih personal, karena dengan cara ini pelanggan akan merasa seperti tim perusahaan sampai mereka menjadi lebih loyal. Selain itu, pendekatan personal juga membuat pelanggan merasa bahwa perusahaan mengetahui kebutuhan yang mereka cari dan mereka merasa dihargai. Anda dapat mengetahui produk apa yang telah mereka beli di masa lalu, bagaimana interaksi mereka sebelumnya, dan bagaimana mereka ingin dihubungi.
7. Memberitahukan produk baru
Cara mencari pelanggan selanjutnya adalah dengan mengkomunikasikan perkembangan baru seperti produk baru melalui email agar lebih personal.
8. Fokus Pelanggan
Banyak perusahaan yang masih fokus pada bisnis atau produknya, meskipun fokus pelanggan juga penting, karena pelanggan dapat memberikan pengalaman dan saran setelah menggunakan produk bisnis Anda, yang nantinya dapat Anda gunakan sebagai bahan evaluasi untuk produk yang akan datang.
9. Kode Referensi
Cara Mempertahankan Pelanggan Lama dan Menemukan Pelanggan Baru Dengan Mudah Dengan strategi pemasaran kode referensi, Anda dapat menawarkan diskon kepada pelanggan yang berhasil mereferensikan teman atau kerabat untuk membeli dan berlangganan produk atau layanan bisnis Anda. Anda dapat memberi mereka poin yang dapat ditukarkan untuk setiap pembelian.
Cara mempertahankan pelanggan di era digital ini akan jauh lebih mudah karena ada banyak saluran pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk menjangkau pelanggan seperti media sosial atau melalui direct mesage.
Baca juga : Cara mendirikan PT untuk bisnis online (personal)
Tool yang bisa anda gunakan antara lain adalah :
- Pengirim masal dan terjadwal email
- Pengirim masal Whatsapp
- Pengirim masal Telegram
- Pengirim amsal SMS
Dari keempat tool ini bisa mempertahan langanaan anda yang tidak potensial menjadi potensial, Jadi sebagai enterpreneur harus membuat catatan dan mengaris bawahi mempertahankankan langganan dalam urutan ke 2 setelah perluasan pasar.
Sumber : Wikipedia | Pelanggan