Latest Posts

Perlukah Usaha Kecil Berpromosi

Perlukah Usaha Kecil Berpromosi

Perlukah usaha kecil berpromosi? Ya apapun usaha yang anda dan sekcil apapun usaha yang dijalankan memerlukan promosi, hanya saja bentuk dan cara seperti apa! akan kita ulas dibawah ini.

Pembahasan ini akan kita bagi dalam 2 kategori usaha:

Usaha kecil skala rumahan dan usaha kecil skala nasional cukup 2 ini saja dulu pembagian kategori ini karena akan banyak lagi pembagian yang lain nantinya mengapa demikian? karena kita mempersempit dan rankumannya saja yang bahas di tulisan ini.

Usaha kecil skala rumahan :

Usaha kecil rumahan biasanya menghasilkan produk dalam jumlah sedikit karena kemampuan produksi dan keterbatasan peralatan produksi dan hanya mengandalkan tenaga fisik manusia.

Tentu saja untuk menghasilkan produksi yang banyak produk yang dibuat harus banyak juga terjual jika tidak produk akan menumpuk dan biaya modal produksi akan parkir dan perutaran modal tidak jalan.

Untuk itulah dibutuhkan yang namanya promosi dan jenis produksi usaha kecil rumahan biasanya dari mulut ke mulut saja dan sedikit distribusi.

Jadi dalam arti kata promosi sudah anda berlansung anda lakukan tanpa anda sadari secara lansung, sekarang ini jika hal tersebut sudah anda jalankan apasalahnya anda tata cara berpromosi yang benar menurut ilmunya marketing. Tentulah dengan promosi yang tertata dan terarah hasil produksi anda bisa ditingkatkan karena produk anda sudah banyak permintaan dan penjualan.

Solusi sederhana yang bisa anda lakukan adalah :
  • Membuat brosur dan katalog produk
  • Membuat spanduk tentang produk anda
  • Mendistribusikan produk ke outlet yang sekiranya sesuai dengan produk anda.

Usaha kecil skala nasional.

Usaha kecil skala nasional terdengar agak aneh juga kedengarannya, tidak ada yang mustahil di era mileneal sekarang, hal seperti ini sudah banyak terjadi pada produk usaha kecil yang booming omzet karena telah melakukan promosi secara benar dan tepat sasaran.

Jenis usaha kecil bisa berskala nasional biasanya terjadi karena ada ledakan atau booming dari manfaat produk tersebut.

Untuk sebuah produk seperti ini biasanya didominasi produk trend pada saat itu jadi produk anda yang baru memulai kecipratan permintaan dan saat itulah anda fokus dengan produksi dengan permintaan pasar.

Menyerempat pasar dengan cara berpromosi dengan mengunakan media online dan media sosial tentu anda manfaatkan semaksimal mungkin karena permintaan sudah berskala nasional

Kesimpulan :
Promosi itu sangat penting sekali dalam dunia usaha hanya anda harus cermat dalam menelaah biaya promosi yang digunakan kalau anda kebablasan malah akan membuat merugi, jika anda belum ahli di bidang ini dan memperkecil biaya modal tidak kebablasan pelajarilah dulu jurusan promosi yang akan anda tempuh dan skala penyebaran promosi anda tadi.

Promosi murah meriah online anda bisa mengunakan media sosial yang anda punya dulu baru anda tingkatkan ke media sosial iklan berbayar.

Semoga cuitan promosi ini bisa bermanfaat dan membuka wawasan usaha kecil anda menuju skala nasional, salam ukmsaja.blogspot.








Daftar Provinsi, Kota, Kabupaten Dan Kecamatan Di Indonesia | Excel | Txt

 

Daftar Provinsi, Kota, Kabupaten Dan Kecamatan Di Indonesia | Excel | Txt

Daftar provinsi, kota, kabupaten dan kecamatan di indonesia dalam format excel dan Txt juga perlu anda miliki sebagai alat bantu dalam bekerja di dunia online maupun offline.

Mengapa kita harus memilikinya ?

Pertama :

Karena pada pencarian crawl di google mengunakan pelacakan peta/maps pada alat perangkat online anda seperti yang ada di PC atau di android anda, kata kunci yang dibuat akan diutamakan pencariannya berada pada alamat peta/maps pada perangkat anda.

Itulah sebabnya sekarang ini google menjust perangkat anda untuk terdaftar pada google maps mereka, sehinga data yang masuk dan diterima di perangkat hanya yang berada di area kota anda saja, kalaupun ada yang dari luar itu adalah berupa iklan saja atau website yang backlinknya ada di kota keberadaan anda.

Kedua :

Pencaraian data berdasarkan geografis akan lebih mudah dan menghemat waktu seperti halnya pada pencari di google mengunakan kota atau kecamatan.

Di bawah ini ada LINK Download yang mewakili Prov, Kota, Kab, dan Kecamatan dalam format Excel dan format TXT bagi anda yang membutuhkannya anda bisa download dibawah ini :





DOWNLOAD | Excels 
DOWNLOAD | TXT

3 Bisnis Modal Minim Tahun Ini Bisa Anda Coba

 3 Bisnis Modal Minim Tahun Ini Bisa Anda Coba, di tahun ini 3 bisnis dengan modal minim ini bisa cocok buat anda, apa saja bisnisnya? yuk simak dan baca sampai tuntas blog ini.

Sebelum kita lanjut kedalam 3 ide usaha ini, ada perlunya juga kita menjajaki prospek calon konsumen yang akan kita targetkan nantinya.

3 Bisnis Modal Minim Tahun Ini Bisa Anda Coba


Calon konsumen bisa di lihat dari segement umur, pendidikan, dan pekerjaan. Jika memiliki produk yang akan dijual nantinya pastikan design, bentuk produk anda mengarah ketarget yang dituju.

Baca juga : Usaha

Target konsumen yang dituju berguna mengkerucutkan produksi akan produk anda agar tidak melebar dan memakan banyak modal.

Contoh : Membangun usaha Franchise

Jika anda membuat sebuah produk tas tentulah semua orang mengunakan tas untuk keperluan kesehariannya seperti tas sekolah, tas belanja, tas kerja, tas piknik dan masik banyak lainnya.

Dari contoh diatas tersebutlah kita membutuhkan kata kerucut tadi, jadi targt akan produksi bisa di capai.

Terus bagaimana usaha yang akan dibangun dengan modal minim ini, yang anda perlukan adalah bergabung dengan penyedia produksi.

3 Bisnis Modal Minim

  1. Produk White Label
  2. Reseler Produk anda Sendiri
  3. Freelance Agency

Produk white label :

Produk white label adalah sebuah yang bisa anda jual kembali dalam custom atau design sendiri

Reseler Produk 

Menjual produk orang lain dengan harga yang di tentukan pemilik produk dan mendapat selisih harga/margin yang disepakati

Freelance Agency

Tampilkan hasil kerja anda di media sosial dengan mengedepan jasa produksi atau pembuatan ulang, media sosial berguna untuk melebarkan informasi tentang hasil kerja anda

Itulah 3 Bisnis Modal Minim di tahun ini yang sangat derekomendasi bagi yang baru memulai usaha secara online dengan modal minim, semoga tulisan ini bisa membuka wawasan dan inspirasi anda.

Gunakan 4 Aspek ini Untuk Mendapatkan Omzet Jutaan

Kendala sebuah usaha rumahan adalah pemasaran? Terus bagaimana cara agar bisa meningkatkan usaha cemilan  rumahan ini bisa memiliki omset jutaan.

Cara meningkatkatkan omzet jutaan perbulanya anda perlu memperhatikan beberapa aspek terpenting dari sebuah produk yang akan dijual.

4 aspek meningkatkan omzet jualan


4 Aspek apa saja yang mesti diperhatikan untuk omzet jutaan?

  1. Penampilan
  2. Rasa
  3. Distribusi
  4. Harga
Dari 4 aspek ini sangat dominan sekali mempengaruhi penjualan produk dipasaran dan jangan pernah mengangap remeh 4 hal ini walapun perusahaan sekalipun. 

Sebesar apapun usaha anda 4 aspek inilah yang menjadi patokan dari kinerja divisi produksi dan Pemasaran.

Jadi untuk anda yag memiliki usaha ruahan apalagi untuk makana kecil seperti cemilan seringkali mengabaikan aspek ini sehinga usaha mereka hanya jalan ditempat dan tidak memiliki grfik penjualan yang baik.

Untuk lebih jelasnya saya akan coba rincikan secara sederhana cara kerja dari 4 aspek tersebut diatas.

1. Penanpilan.

Penampilan ini sangat utama sekali dari sebuah produk rasa untuk kedua. jadi apapun produk yang anda buat haruslah menyesuaikan model atau kreasi yang mengugah selera seperti warna produk,bentuk dan lain sebagainya.

Kebiasaan calon pembeli dari sebuah penelitian mengatakan adalah saya yang akan membeli sebuah produk makanan adalah dari bentuk dan kedua adalah rasa.

Dari hasil penelitian tersebut bisa kita simpulkan adalah pandangan pertama, sama juga halnya anda melihat pasangan anda sewaktu pertama anda kenal, baru kemudian anda bisa tahu dengan rasa hidup berdua...he...he.

2. Rasa.

Seperti pembahasan penampilan diatas bahwa rasa termasuk penentuan dari penampilan yang dibuat tadi. dan ini berdampak kepada repeat order untuk produk anda.

3. Distribusi

Pendistribusian produk juga mempengaruhi jumlah omset penjualan anda. salah contoh adalah; jika anda mendistribusikan ke 100 outlet dan mendapat penjualan dari setiap outlet 1 maka secara otomatis penjualan yang anda dapat juga seratus dan ini hal ini bisa anda bayangkan saja selama 1 bualan atau 30 hari bisa menjadi 3000 buah penjualan dalam sebulan.

4. Harga

Harga memiliki peranan penting juga, anda harus seleksi memperhatikan kompetitor produk, anda tidak perlu banting harga untu mendapatkan jualan untuk mengalahkan saingan, anda bisa mengalahkan tampilannya saja dan harga dibuat sama dijamin omzet penjualan produk anda akan ungul dari kompetitor.

Bagaimana sobat UKMsaja.blogspot apakah pikiran anda sudah terbuka menjalankan 4 aspek untuk meningkat omzet penjualan, lakukan sekarang juga jangan ditungu-tungu. jika tehknik yang saya tulis ini bisa membangun pikiran bisnis anda, jangan lupa klik beberapa iklan agar blog ini bisa berkembang dengan ilmu - ilmu sederhana tapi membuahkan hasil. salam sukses pmax

Cara Gratis Membuat Etalase Produk

Membuat Etalase Produk Gratis, Begini Caranya?

Caranya cukup mudah, anda hanya perlu email dari google saja. Selanjutnya jika anda sudah memiliki email dari google anda bisa lansung membuat landing page yang anda inginkan. ingin tau caranya? anda bisa ikuti tutorial dibawah ini.

Tutorial membuat landing page gratis buat jualan atau etalase produk

Buat email anda dengan dengan google biasanya email gratis ini  ... @Gmail.com. setelah anda membuat email anda lanjutkan buka internet  didekstop/laptop anda dengan google chrome dan anda login ke google dengan  email yang buat tadi.

Setelah anda itu anda login dengan email anda tadi maka anda buka halaman google site link ini bisa anda klik lansung untuk menuju halaman kerja membuat landing page google sites

Cara Gratis Membuat Etalase Produk


Jika sudah terbuka anda bisa lanjutkan dengan membuat nama toko landing page anda, saran saya sebaiknya anda membuat nama sesuai dengan nama produk atau nama toko anda.

Di google site ini anda bisa membuat beberapa item produk,testimoni atau header iklan serta juga bisa anda mengunakan pangilan/massage via Whastsap, bagus bukan?

Untuk lebih mudahnya anda bisa lihat di video tutorialnya di Youtube. Link ini, dan jaga lupa juga anda subscribe jika video ini bermanfaat kalau tidak anda bisa tingalkan komentar yang positif di kolom komentar di bawah ini

Link membuat 


Usaha Franchise Untuk Orang Awam

Membangun Usaha Franchise Untuk Orang Awam

Usaha franchise untuk orang awam, Sebelum anda terjun kedunia bisnis franchise sebaiknya anda memahami istilah istilah yang digunakan di dunia franchise, dunia franchise istilah ini sering muncul dalam perjanjian dan pembicaraan anda natinya.

usaha franchise untuk orang awam

Guna menghindari pembicaraan yang gaptek "gagap tekhnologi" ada perlunya juga menghapal dan memahami apa saja yang kata atau kalimat yang muncul saat anda bernegosiasi dengan pengusaha franchise atau anda sendiri yang akan membuka usaha franchise.

Siapa saja yang membutuhkan bisnis atau usaha franchise ini?

https://ukmsaja.blogspot.com/2021/11/usaha-yang-paling-cepat-maju-dan-berkembang-secara-instan.html franchise sangat dibutuhkan oleh orang - orang yang tidak mau dipusingkan dengan urusan - urusan membangun usaha dari nol. Dengan kesibukan dari pekerjaan sehari - hari  mereka sehinga mereka tidak bisa membagun usaha dengan cara merintis dan mereka memerlukan usaha yang instan atau lansung jadi.

Pengertian Franchise :

Bisnis Franchise disebut juga dengan usaha waralaba kalau itu di indonesiakan, jadi Bisnis Franchise adalah Hak khusus usaha yang diberikan oleh pemilik merek dagang kepada perorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha berdasarkan perjajian waralaba.

Bisnis Franchise ini ada juga peraturan pemerintahnya yaitu? 

Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2007, istilah franchise atau waralaba dalam padanan bahasa Indonesia merupakan hak  khusus yang dimiliki oleh orang perorangan atau badan usaha terhadap sistem bisnis dengan ciri khas usaha dalam rangka memasarkan barang dan/atau jasa yang telah terbukti berhasil dan dapat dimanfaatkan dan/atau digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjajian waralaba. Dalam hal ini dikenal dengan pihak pemilik waralaba dan pebisnis yang akan menjadi pembeli warlaba.

Istilah dari usaha franchise & Franchisor

  • Franchisor(Pewaralaba)
Atau pemilik usaha dagang dan merek usaha yang menjual management dan hasil akhir produk mereka.

  • Franchise (Terwaralaba),
Pembeli merek dagang serta management dan hasil akhir produk dari Franchisor.

Penjelasannya.

Jika anda memiliki suatu usaha yang sudah terbukti sukses dan berhasil terus anda ingin membuka jaringan atau distribusi pemasaran dan produksi kemudian menjual sistim manajemen dan produk akhir maka anda disebut dengan Franchisor (Pewaralaba) atau pemilik merek dagang. dan sebaliknya jika anda membeli merek dagang Franchisor maka anda disebut dengan Franchise (Terwaralaba).

Inilah istilah yang digunakan di dunia franchise : 

  • Franchise Fee
Biaya awal untuk mengikat kerjasama usaha bisnis francise anda dengan franchisor. Franchise Fee harus anda bayar sebelum usaha dijalankan.

  • Royalty Fee
Laba atau keuntungan yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Syarat apa saja yang mesti dibutuhkan dibisnis Franchise ini?

  • Modal
  • Tempat
  • Karyawan

  • Modal 
yang kita maksut modal disini adalah anda menyediakan sejumlah uang guna membeli lisensi merek dagang dan mangement pengelolaan bisnis.

  • Tempat 
Anda menyediakan tempat usaha untuk menjalankan bisnisFranchise sesuai dengan peraturan yang dikeluarkan franchisor. Design dan interior biasanya disepakati oleh kedua belah pihak

  • Karyawan 
Anda menyedian orang-orang untuk dilatih menjalankan bisnis Franchise.


Saran untuk memiliki usaha Franchise :

Usaha franchise untuk orang awam seperti kita ini harus lebih teliti dan mempelajari dan mengenali merek dagang franchisor serta penjualan dioulet outlet mereka yang sudah buka,seberapa besar mereka melakukan branding advertising atau iklan merek dagang dan bagaiman manajemen yang mereka jalani serta SOP yang mereka terpakan kepada karyawan.

Pastikan mereka memiliki badan usaha resmi dari pemerintah dan berbadan hukum untuk menyeesaikan selisih paham disaat anda menjalan usaha kerjasama franchise ini.

Cara Mendirikan Badan Usaha Perseroan Perorangan - UMKM

Cara Mendirikan Badan Usaha Perseroan Perorangan - UMKM

Mendirikan Perusahaan dengan badan usaha Perseroan Perorangan sekarang bisa Perorangan.!

Sesuai dengan kemajuan perekonomian dan perkembangan manajemen hukum sekarang ini sangat mengembirakan, telebih sekali tentang badan hukum usaha yang sudah mempermudah UMKM untuk berkembang.


Biasanya kita mengenal "PT" atau juga disebut dengan Perseroan Terbatas badan usaha berbadan hukum seperti PT ini sangat diminati oleh pengusaha.

Mengapa Perseroan Terbatas "PT" ini diminati

Karena terdapat pemisahan kewajiban dan aset antara pemilik dan perusahaan.

Adapun peluang baik seperti ini di soroti pemerintah dengan terobosan melalui Undang-Undang No. 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. UU Cipta kerja memungkinkan Perseroan didirikan oleh 1 orang atau disebut sebagai Perseroan Perorangan.

Sudah taukah anda tentang Perseroan Perorangan?

Perseroan Perorangan Adalah :

Suatu badan usaha yang berbadan hukum yang didirikan oleh 1 orang sebagai Pemegang Saham sekaligus Direktur.

Semua ini ditetapkan dalam Pasal 153A ayat 1 UU Cipta Kerja, bahwa:

Perseroan yang memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil dapat didirikan oleh 1 orang.

Perseroan Perorangan sendiri adalah Badan Hukum perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro dan Kecil sebagaimana diatur dalam PP No 7 tahun 2021 tentang Kemudahan, Pelindungan, Dan Pemberdayaan Koperasi Dan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah.

Apa saja unsur-unsur penting perseroan perorangan

Di dalam UU Cipta Kerja, pengertian Perseroan Perorangan terbagi kedalam dua unsur, yaitu unsur Perorangan dan kriteria UMK.

Dalam unsur perorangan, pendirian Perseroan Perorangan hanya dilakukan oleh 1 orang dan hanya berlaku bagi Warga Negara Indonesia (WNI) saja, dimana orang asing tidak boleh mendirikan Perseroan Perorangan.

Perseroan Perorangan memiliki karakteristik tidak ada ketentuan modal dasar minimal, hanya membuat surat pernyataan pendirian saja. Selain itu, Perseroan Perorangan juga tidak memerlukan akta notaris, cukup 1 orang pendiri sebagai pemegang saham, serta tidak perlu ada komisaris di dalamnya.

Sedangkan unsur UMK yang berarti usaha mikro dan kecil dimaksudkan bahwa pendirian Perseroan Perorangan diperuntukkan bagi usaha yang memenuhi kriteria usaha mikro dan kecil.

Berdasarkan PP No 7 tahun 2021, dalam Pasal 35 dijelaskan kriteria usaha mikro memiliki modal paling banyak Rp1 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. Sedangkan kriteria usaha kecil memiliki modal lebih dari Rp1 miliar sampai dengan paling banyak Rp5 miliar tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Dengan demikian dapat dijabarkan bahwa Perseroan Perorangan adalah Perseroan yang didirikan oleh 1 orang dengan modal kurang dari Rp5 miliar.

Satus Perseroan Perorangan Bagaimana?

Perseroan Perorangan juga dilindungi badan hukum ber akte notaris juga sama halnya dengan PT perseroan Terbatas yang sudah kita kenal.

Badan hukum Perseroan Peroangan ini tercantum PP No.8 Tahun 2021 tentang Modal Dasar Perseroan Serta Pendaftaran Pendirian, Perubahan, dan Pembubaran Perseroan yang Memenuhi Kriteria untuk Usaha Mikro dan Kecil.

Dalam Pasal 1 ayat 1 di sebutkan bahwa:

Perseroan Terbatas, yang selanjutnya disebut Perseroan Peroangan adalah badan hukum yang merupakan persekutan modal, didirikan berdasrkan perjanjian,melakukan kegiatan usaha dengan odal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham atau badan hukum perorangan yang memenuhi usaha mikro dan sebagiman diatur dalam perundang-undangan mengenai usaha mikro dan kecil.


Cara Mendirikan Perseroan Perorangan

  • Menentukan nama Perseroan Perorangan.
  • Menentukan kode kegiatan usaha berdasarkan Klasifikasi Baku Lapangan Usaha (KBLI 2020).
  • Membuat surat Pernyataan Pendirian Perseroan Perorangan.
  • Pendaftaran Perseroan Perorangan dilakukan secara elektronik melalui Menteri Hukum dan HAM RI.
  • Membuat NPWP Perseroan Perorangan.
  • Membuat NIB Perseroan Perorangan dan perizinan usaha lainnya.
  • Membuat rekening Bank Perseroan Perorangan.


Syarat-sayarat Pendirian Peseroan Perorangan

  • Didirikan oleh 1 orang sebagai Pemegang Saham sekaligus Direksi (tidak ada Komisaris).
  • Memiliki kegiatan usaha mikro dan kecil.
  • WNI paling rendah berusia 17 tahun dan cakap secara hukum.
  • Membuat surat Pernyataan Pendirian Perseroan Perorangan yang didaftarkan secara elektronik kepada Menteri dengan format isian sebagai berikut:
  • Tempat kedudukan Perseroan.
  • Alamat lengkap Perseroan.
  • Jangka waktu berakhirnya Perseroan.
  • Maksud dan tujuan Perseroan.
  • Kegiatan usaha Perseroan.
  • Jumlah modal, modal dasar, modal ditempatkan, dan modal disetor.
  • Nilai nominal dan jumlah saham.

Data pendiri yang mencangkup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, pekerjaan, tempat tinggal, nomor induk kependudukan, dan nomor pokok wajib pajak dari pendiri Perseroan.

Rekening Bank Perseroan Perorangan

Setelah mendapatkan Sertifikat Pendaftaran Perseroan Perorangan, pendiri Perseroan Perorangan harus mengurus beberapa dokumen lain seperti NPWP, NIB, dan rekening Bank. Untuk pembuatan rekening Bank bagi Perseroan Perorangan, pendiri dapat mendatangi Bank BNI terdekat dengan membawa persyaratan berupa:

  • KTP pendiri Perseroan Perorangan.
  • NPWP Pendiri dan NPWP Perseroan Perorangan.
  • NIB Perseroan Perorangan.
  • Surat Pernyataan Pendirian Perseroan Perorangan.
  • Sertifikat Pendaftaran Perseroan Perorangan.

Bagaimana sekarang dengan anda, apakah anda akan mendaftarkan badan usaha mikro anda, banyak fasilitas kemudahaan yang di berikan pemerintah dengan adanya badan usaha berbadan hukum di usaha anda, apakah itu bantuan kredit,bantuan peralatan dan pelatihan. Mitra bisnis akan lebih percaya karena badan usaha anda berbadan hukum.

Semoga artikel cara mendirikan badan usaha perseroan perorangan bisa membantu dan menyelesaikan masalah ijin usaha.

sumber : smesco


 

Sudah Pastikah UMKM Anda Terdaftar

Sudah Pastikah UMKM Anda Terdaftar Di Katalog Digital Kementerian Koperasi Dan UMKM Dalam Perhelatan MotoGP Mandalika Pada 18-20 Maret 2022 Mendatang?

Sudah Pastikah UMKM anda terdaftar di katalog digital kementerian koperasi dan UMKM dalam perhelatan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret 2022 mendatang?

Kementerian Koperasi dan UKM telah mempersiapkan YMKM sebanyak 1.256 yang mengisi  acara MotoGP di Mandalika pada tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang.

Katalog yang telah dipesiapkan ada 2 macam antara lain;

  • Pertama : Kategori ini akan berisi UMKM terpilih dalam kategori non-memasak. Direktori tersebut tidak hanya memuat UMKM binaan Kementerian Koperasi dan UKM, tetapi juga dukungan Bank Indonesia dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

  • Kedua adalah untuk dipilih ke dalam direktori produk makanan dan minuman skala kecil dan menengah. Termasuk juga berbagai UMKM binaan berbagai kementerian dan lembaga, yang nantinya akan menghiasi lintasan bahkan di stasiun transit di sekitar Mandalika.

Atau bisa juga mengunjungi website untuk mengunduh dua kategori katalog tersebut.dan anda juga bisa baca di daftar PDF di sini

Untuk mengunduh katalog, calon pembeli bisa mengakses indigisign.com/ukm_kemenkop_ mandalika/. Kemudian, akan muncul dua pilihan katalog sesuai dengan kategorinya.

Calon pembeli bisa mengetuk salah satu diantaranya untuk mengunduh katalog digital tersebut, setelah selesai file katalog akan berada di folder unduhan.

Ada sekitar 200 halaman yang memuat berbagai macam produk dan nama UMKM yang menjajakan barangnya menyambut gelaran MotoGP Mandalika tersebut.

Baca disini