6 Ide Bisnis atau Usaha Yang Dapat Dimulai Tanpa Modal Besar

6 ide usaha

Inilah 6 ide usaha yang bisa anda coba lakukan untuk mendapatkan penghasilan dengan modal kecil, walaupun bisa dengan modal kecil bukan berarti tidak memiliki modal sama sekali. Modal kecil yang dimaksut dalam judul ini adalah modal keahlian atau skill.

Melatih diri dari suatu hal secara terus menerus akan menghasilkan keahlian atau biasa disebut dengan istilah profesional.

Baca juga : Daftar Kota dan Provinsi di Indonesia

Seseorang yang sudah profesional biasanya mereka menghasilkan uang dengan keahlian yang mereka miliki, karena tidak semua orang bisa melakukan semua pekerjaan dengan sendiri mereka tetap membutuhkan orang yang ahli. dibawah ada 6 ide yang bisa membuat diri anda menjadi profesioanal dan menghasilkan uang.

1.  Instruktur atau Pelatihan : 

Sebagai seorang sudah ahli di suatu bidang bisa memberikan pelatihan dan jasa konsultasi kepada orang lain, dengan keahlian yang anda miliki anda bisa membantu orang lain untuk mendapatkan bantuan atau solusi dari masalah mereka.

2. Deaign Grafis : 

Dengan menguasai desain grafis anda juga bisa menghasilkan pendapatan dan tambahan keuangan dengan meawarkan jasa desain logo, brosur, poster, atau media sosial.

3. Penulis Konten :

Saat ini menulis konten bisa menghasilkan uang juga dan ini tidak wartawan saja yang bisa menghasilkan uang dari tulisan mereka, orang biasa juga bisa mendapatkan penghasilan dengan menulis konten, asalkan anda tau dimana tempat yang menyediakan bayaran atas hasil karya tulisan anda.

4. Afiliasi :

Sebagai Afiliasi produk : menjadi seorang afiliator sudah tentu bisa mendapatkan penghasilan karena afiliasi disebut juga dengan makelar atau agen penjualan.

5. Dropshiping :

Dropshiping bisa anda terapkan pada penjualan pada orang karena ini bersifat direct sales, anda tidak perlu melakukan penyetokan barang atau menyimpan barang yang mungkin harganya mahal.

6. Multi Level Marketing

Kegiatan multi level marketing merupakan merupakan kegiatan menumbuhkan jaringan bertingkat di objek member anda semakin banyak jaringan yang anda buat maka anda akan mendapatkan point penghasilan.

Perlu di Ingat juga bahwa meskipun ide-ide ini mungkin tidak memerlukan modal awal yang besar, mereka akan memerlukan waktu, dedikasi, dan usaha yang keras. Selamat mencoba!